Materi : pertunjukan musik,16 April 2020

Assalamualaikum wr,wb
#salam sehat

Selamat pagi siswa-siswi SMK Nuansa yang Bapak banggakan.kembali lagi dengan pembelajaran online.materi Minggu ini yaitu tentang pertunjukan musik.
Silahkan materinya dicatat.semangat ya.

Pertunjukan musik

Pertunjukan musik merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa. Numun, berbeda dari pertunjukan musik untuk musisi profesional, hakikat pertunjukan musik bagi siswa sekolah adalah untuk memberikan kesempatan bagi para siswa untuk memperlihatkan hasil belajar yang telah mereka peroleh di dalam kelas. Oleh karena itu, tujuan dari pertunjukan musik bagi siswa di sekolah bukan untuk kepentingan bisnis, tetapi sebagai bagian dari pembelajaran musik siswa di sekolah.

Sebagai bagian dari pembelajaran musik, siswa dapat memperoleh pengalaman dalam mempersiapkan, mengolah, dan mewujudkan temuan - temuannya dalam bentuk pertunjukan musik melalui pendekatan-pendekatan ilmiah, seperti melakukan pengamatan, memperdalam pemahaman, mengumpulkan data tentang bunyi/ gerak/ekspresi/properti, mengasosiasikan bunyi-bunyi ke dalam unsur seni musik, tari, rupa, dan teater serta mengkolaborasikan keempat unsur seni itu dalam suatu pertunjukan musik.

Dalam teknik pertunjukan, siswa belajar tentang menciptakan tema pertunjukan, membentuk kelompok yang akan dilibatkan dalam pertunjukan (pemain musik, penyanyi, penari, atau pemeran lakon), membuat jadwal latihan, dan merencanakan penempatan pemain (blocking) di panggung pertunjukan.

Siswa tidak hanya belajar tentang konsep dan teknik pertunjukan, tetapi juga prosedur pertunjukan musik. Dengan dimilikinya pemahaman tentang prosedur pertunjukan, maka siswa memperoleh pengalaman tentang cara-cara yang digunakan untuk menyempurnakan suatu pertunjukan musik, seperti memilih jenis publikasi, membuat buku program, dan membuat tiket pertunjukan. Prosedur pertunjukan yang dipelajari juga mencakup pemahaman siswa terhadap pentingnya tim panitia yang memiliki tugas berbeda, seperti panitia penjualan tiket, penerima tamu, tenaga teknis, penata lampu, penata panggung, dan lain-lain.

Setelah pemahaman tentang konsep, teknik, dan prosedur telah dimiliki maka siswa kemudian mengaplikasikan pengetahuan itu dalam bentuk pertunjukan musik yang mengkolaborasikan keempat unsur seni. Pertunjukan musik ini dapat dipandang sebagai perwujudan pengetahuan yang diperoleh siswa melalui pengalaman-pengalaman empiris dalam lingkungan sehari-hari dan pemahaman mereka atas konsep-konsep di bidang musik yang diperoleh dalam pembelajaran musik di sekolah.

Itu saja materi yang bisa Bapak sampaikan hari ini.Bapak minta kalian untuk mencatatnya.dan untuk absensi kehadiran,seperti biasa coba  berikan pendapat kalian tentang apa itu musik,ekspresi,&pertunjukan musik.tulis pendapatnya di kolom komentar.jangan lupa tulis nama&kelas
Selamat mengerjakan!!!

Tetap jaga kesehatan
#dirumah aja
Wassalamualaikum wr,wb

Komentar

  1. Materinya dicatat dibuku.untuk kolom komentar ini silahkan berikan pendapat kalian tentang musik,ekspresi&pertunjukan musik.jangan lupa tulis nama dan kelasnya!!!

    BalasHapus
  2. Karmila Apriliani X oktp 4

    #Musik
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    #ekspresi
    Pengertian ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni. Perasaan yang dimaksud adalah perasaan khusus yang dapat membagun sikap serta nilai.  Ekspresi diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan.

    Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya.

    #pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sadam Yusuf Fahrizky
    X OTKP 4

    •Musik
    musik adalah irama nada yang menyanyikan sebuah lirik.

    •Ekspresi
    ekspresi adalah raut wajah yang menunjukan kebahagiaan dan kesedihan.

    •Pertunjukan Musik
    pertunjukan musik adalah menyanyikan lagu dihadapan orang banyak.

    udah saya catet semuanya pak.
    maaf juga ya kalau banyak salah pak, yang penting ini pendapat saya sendiri, ga googling hehe

    BalasHapus
  5. Nuke Nursanti X Otkp 6
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun Musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.
    Pengertian Ekspresi adalah pengungkapan ataupun suatu proses dalam mengutarakan maksud, perasaan, gagasan dan sebagainya. ... Pemikiran dan gagasan yang disimpan saja tidak akan menghasilkan apa-apa.
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  6. Musik: adalah ilmu dan seni dari kombinasi ritmis nada nada, vokal maupun instrumental, yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengekspresikan apa saja yang memungkinkan, namun khususnya bersifat emosional.

    Ekspresi: adalah pengungkapan atau suatu proses dalam mengutarakan maksud,perasaan,gagas.Dan sebaiknya di ekspresikan dalam bentuk nyata sehingga bisa di rasakan.

    Pertunjukan musik: Sebuah pagelaran seni yang memuat aspek aspek musik, dengan pertunjukan dari macam macam musik yang lain.

    BalasHapus
  7. Anisa oktapiyani x otkp 1

    Musik :adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun Musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni. Perasaan yang dimaksud adalah perasaan khusus yang dapat membagun sikap serta nilai.

    Ekspresi: diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan.

    Pertunjukan musik :merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus

    BalasHapus
  8. Nuraida x otkp 7

    1.Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada.

    2.Ekspresi adalah sebagai media untuk menggambarkan atau mengekspresikan apa yang kita alami saat bermusik

    3.Pertunjukan adalah sebuah pegelaran seni yang memuat aspek-aspek musik,dengan pertunjukan dari macam-macam musik yang lain

    BalasHapus
  9. Muhamad Padli X OTKP 5

    #Musik
    Musik yaitu suara yang di susun demekian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan terutama dari suara yang di hasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

    #Ekspresi
    Ekspresi yaitu mimik wajah,penggambaran pada wajah sesuai apa yang kita rasakan.

    #Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang di sajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  10. Sulistia Febrian Wulandari X otkp 2
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,nada dan keharmonisan terutama pada suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.
    Ekspresi adalah ungkapan dan perasaan yang mencakup tempo,dinamika,warna dan nada.
    Pertunjukan Musik adalah suatu penyajian musik yg disajikan dalam bentuk musik,yang dapat didengar dan dinikmati oleh manusia

    BalasHapus
  11. LENI LUSIANA X OTKP 2

    MUSIK adalah ilmu dan seni dari kombinasi ritmis nada-nada, vokal maupun instrumental, yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengekspresikan apa saja yang memungkinkan, namun khususnya bersifat emosional.

    EKSPRESI adalah pengungkapan ataupun suatu proses dalam mengutaran maksud, perasaan dan gagasan .

    PETUNJUKAN MUSIK adalah Pertunjukan yang menunjukkan berbagai macam hal-hal yang berkaitan dengan Musik. Seperti Orkestra, dan Menyanyi.

    BalasHapus
  12. - Musik adalah Salah Satu Cabang seni yg menggunakan olah vokal,melodi,harmoni,ritme,dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya
    - Ekspresi adalah proses pengungkapan emosi,perasaan penciptaan karya seni proses ekspresi dapat dilakukan melalui media seperti garis, bidang ,warna ,tekstur ekspresi juga dapat menggambarkan raut wajah seseorang
    - pertunjukan musik adalah suatu penyajian suatu bunyi yg di sajikan dalam bentuk musik untuk di dengar dan di nikmati oleh seseorang yg melihat sebuah pertunjukan musik


    NAMA DESTI DINARTI X AP 8

    BalasHapus
  13. Cintari ps X Otkp5

    -Musik
    Musik adalah ya lagu yg sering di dengar banyak orang untuk menghibur diri sendiri

    -Ekspresi
    Ekspresi adalah pengungkapan perasaan melalui wajah,ketika bahagia ya bahagia,ketika sedih ya sedih,Begitulah

    -Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik adalah bernyanyi di hadapan banyak orang sambil joget joget boleh juga kan hehe

    Sekian pa, mohon maaf bila ada salah. Terimakasih hehe

    BalasHapus
  14. •Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

    •Ekspresi dalam seni musik adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa tempo, dinamik dan warna nada dari unsure-unsur pokok musik dalam pengelompokkan frase (frasering) yang diwujudkan oleh seniman musik atau penyanyi atau disampaikan pada pendengarnya.

    •Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.


    #Dwi Mulyani X Otkp 1

    BalasHapus
  15. Dendi Maulana x-otkp3

    Musik=adalah suara manusia yang di iringi alunan suara dari instrumen/alat musik

    Ekspresi=adalah penggambaran atau pengungkapan sebuah perasaan melalui prilaku atau perubahan raut wajah

    Pertunjukan musik=adalah suatu pergelaran bagi manusia untuk membawakan/menyanyi di depan banyak orang

    BalasHapus
  16. Fitri Amelia X Otkp 1

    •Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,nada dan keharmonisan.
    •Ekspresi adalah pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang.
    •Pertunjukan musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yang di sajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  17. Mariska wati XOTKP 8

    1. Musik adalah suara yg disusun sedemikian rupa sehingga megandung irama, lagu, dan nada.

    2. Ekspresi adalah sebagai media untuk menggambarkan atau mengekspresikan apa yg kita alami saat bermusik.

    3. Pertunjukan musik adalah sebuah pengelaran seni yg membuat aspek aspek musik , dgn pertunjukan aspek aspek yg lainya.

    BalasHapus
  18. Mariska wati XOTKP 8

    1. Musik adalah suara yg disusun sedemikian rupa sehingga megandung irama, lagu, dan nada.

    2. Ekspresi adalah sebagai media untuk menggambarkan atau mengekspresikan apa yg kita alami saat bermusik.

    3. Pertunjukan musik adalah sebuah pengelaran seni yg membuat aspek aspek musik , dgn pertunjukan aspek aspek yg lainya.

    BalasHapus
  19. Pendapat saya adalah
    Musik itu sangat indah, musik itu menarik, musik dapat membantu orang agar lebih ekspresip. Musik slalu memiliki ruang untuk apa yang saya rasakan
    Dan musik juga bisa menjadikan kita lebih rilek atau sebaliknya. Musik juga bisa menjadi perwakilan pikiran dan hati. Musik berjuta makna untuk kehidupan.
    Ekspresi
    Ekspresi juga merupakan ungkapan pikiran dan prasaan yang mencangkup semua tempo, dinamik dan warna nada, setra gaya.
    Prasaan ekspresi seperti , rasa semangat, sedih atau gembira dapat diekspresikan dengan variasi atau improvisasi pada kecepatan (tempo) nada lemah lembutnya musik dimainkan.
    Pertunjukan
    Pendapat saya saya setuju dengan adanya pertunjukan karna bisa menghibur orang lain sekaligus bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan
    Jika pertunjukan bisa dibuat menarik bisa jadi event Organizer lho nanti kan bisa jadi bisnis hhe
    Itulah pendapat saya sekian dan terimkasih

    Desi latalia x otkp 4

    BalasHapus
  20. Indri Aprillia x otkp9


    ●Musik
    Musik yaitu suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.
    ●Ekspresi
    Ekspresi adalah mimik wajah atau gambaran wajah ekspresi dlm kehidupan sehari hari tidak terduga atau secara langsung tidak direncanakan ekspresi dalam seni sudah direncanakan atau sudah diatur.
    ● pertunjukan musik
    Pertunjukan yang menunjukkan berbagai macam hal-hal yang berkaitan dengan Musik. Seperti Orkestra, Menyanyi dan sebagainya.

    BalasHapus
  21. ✔️Musik
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    ✔️ekspresi
    Pengertian ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni. Perasaan yang dimaksud adalah perasaan khusus yang dapat membagun sikap serta nilai. Ekspresi diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan.

    Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya.

    ✔️pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.


    ALMA ADI PERMANA OTKP3

    BalasHapus
  22. 1,Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan.
    2,ekpresi adalah gambaran wajah yang diekspresikan ketika kita sedang bermusik.
    3,petunjuk musik adalah sebuah pengelaran seni yang membentuk aspek musik.

    Siti yulianingrum Xotkp 7

    BalasHapus
  23. 1,Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan.
    2,ekpresi adalah gambaran wajah yang diekspresikan ketika kita sedang bermusik.
    3,petunjuk musik adalah sebuah pengelaran seni yang membentuk aspek musik.

    Siti yulianingrum Xotkp 7

    BalasHapus
  24. Tolong jawabannya gak usah lihat google.bapak minta pendapat kalian sendiri.agar wawasan kita tentang musik lebih berkembang.bapak menginginkan pemikiran dari kalian.kalau teori nya sudah ada di buku.tapi mari kita mengembangkan cara berfikir kita.

    BalasHapus
  25. Mahasti putri malika Xotkp6


    •Musik
    Adalah serangkaian nada yang disatukan menjadi sebuah harmonisasi yang estetis dan menarik jika di dengar dengan menggunakan alat musik tertentu.
    •Ekspresi
    Adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup nuansa tempo dinamik, dan gaya dari unsur-unsur pokok musik.
    •Pertunjukan musik
    Adalah sebuah pagelaran seni yang memuat aspek-aspek musik, dengan pertunjukan dari macam-macam musik yang lain.

    BalasHapus
  26. Menurut saya musik merupakan serangkaian nada yang disusun secara terpisah kemudian disatukan menjadi sebuah keserasian atau kesesuaian yang memiliki nilai keindahan dan menarik jika didengar menggunakan media berupa alat musik tertentu.
    Sedangkan Ekspresi merupakan ungkapan yang di tuangkan oleh seorang pencipta karya seni melalui media seni yang dibuatnya sendiri
    Dan pertunjukan musik merupakan sebuah pergelaran seni yang ber aspek musik, memiliki tujuan untuk para penonton menikmatinya dan juga memberikan kesempatan untuk menunjukan bakat musik mereka

    Rusilah sasti 10 otkp 8

    BalasHapus
  27. #Musik
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    #ekspresi
    Pengertian ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni. Perasaan yang dimaksud adalah perasaan khusus yang dapat membagun sikap serta nilai. Ekspresi diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan.

    Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya.

    #pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.#Astri Yuliani x otkp 3

    BalasHapus
  28. Siti Nuryani x otkp 5


    1.musik:yaitu bunyi dan getaran yg memiliki irama,sehingga dapat terdengar indah.

    2.ekspresi:reaksi mimik wajah seseorang berdasarkan perasaan org tersebut.

    3.pertunjukan:yaitu pagelaran musik yg dinyanyikan didepan banyak orang

    BalasHapus
  29. Muhamad Sadikin X otkp 4

    - Musik merupakan sebuah karya seni yang tercipta dari gabungan nada, irama dan lirik. Musik juga diciptakan dari berbagai macam alat yang mengeluarkan bunyi.
    - Ekspresi adalah gambaran diri yang diungkapkan untuk mewakili sebuah perasaan, ekspresi itu sendiri tercipta sesuai apa yang kita rasa.
    - Pertunjukan musik adalah sebuah metode penyampaian karya seni berupa musik yang ditunjukkan supaya semua orang bisa merasakan rasa dari suatu musik tersebut, biasanya pertunjukan diadakan untuk sarana hiburan.

    BalasHapus
  30. Zauzi hafiz X otkp 7

    •Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama [1] Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

    •Pengertian ekspresi adalah pengungkapan ataupun suatu proses dalam mengutarakan maksud, perasaan, gagasan dan sebagainya. Semua pemikiran dan gagasan yang ada dalam pikiran seseorang sebaiknya diekspresikan dalam bentuk nyata sehigga bisa dirasakan manfaatnya.

    •Pengertian Pertunjukkan Musik. Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  31. Amin Maolana X Otkp 3

    *Musik* adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.


    *Ekspresi* diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya).


    *Pertunjukan musik* merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  32. Amin Maolana X Otkp 3

    *Musik* adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.


    *Ekspresi* diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya).


    *Pertunjukan musik* merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  33. •Musik
    Adalah susunan suara yg disusun sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan suara , nada dan irama yg di hasilkan dari alat alat musik yang di mainkan.

    •Ekspresi
    Adalah sesuatu yang menunjukan ungkapan emosi atau perasaan melalui raut wajah seseorang dalam penciptaan karya seni nya.

    •Pertunjukan
    Karya seni yang melibatkan banyak orang ataupun individu di suatu tempat atau waktu Tertentu.


    Devita Amelia X Otkp 6

    BalasHapus
  34. Astri destiana X otkp 3


    *Musik
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

    *Ekspresi
    Ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni.Ekspresi diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan.

    Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya.

    *Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  35. Asep anggara jabar
    X otkp 1

    Musik :adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun Musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni. Perasaan yang dimaksud adalah perasaan khusus yang dapat membagun sikap serta nilai.

    Ekspresi: diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan.

    Pertunjukan musik :merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  36. Musik adalah bunyi dan getaran yg memiliki irama, sehingga getaran nya sangat terdengar indah.
    Ekspresi adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa tempo, dinamik dan warna nada dari unsure-unsur pokok musik dalam pengelompokkan frase (frasering) yang diwujudkan oleh seniman musik atau penyanyi atau disampaikan pada pendengarnya.
    Sedangkan Pertunjukan musik adalah Sebuah pagelaran seni yang memuat aspek - aspek musik, dengan pertunjukan dari macam - macam musik yang lain.

    Putri Febrianti X Otkp 3

    BalasHapus
  37. Serawati X ap8
    ~MUSIK
    Musik merupakan tuangan yg berawal dari sebuah gerakan rasa yg dalam satu deretan melodi atau nada yang memiliki irama dan melodi.musik juga dapat tercipta dengan bantuan alat sebagai pemuas rasa musik.
    ~EKSPRESI
    Ekspresi adalah suatu proses dimana seseorang menampilkan atau memperlihatkan raut wajah yang sedang dialaminya.entah itu senang ,sedih,bahagia atau yg lainnya.
    ~PERTUNJUKAN MUSIK
    Pertunjukan musik adalah suatu pagelaran atau pertujukan umum atau bisa juga disebut penampilan bakatbakat seorang yg mahir dlm dunia musik yg ditampilkan didepan khalayak ramai.guna dari penunjukan musik itu sendiri yaitu sebagai media hiburan untuk masyarakat tertentu juga sebagai bahan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran Musik.

    BalasHapus
  38. Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,nada,dan keharmonisan terutama dari suatu yang di hasilkan dari alat alat yang dapat menghasilkan irama walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi,untuk mencipta,memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    Ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan(yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud,gagasan,perasaan,dan sebagainya).

    Pertunjukan musik adalah sebuah pagelaran seni yang memuat aspek aspek musik,dengan pertunjukan dari macam macam musik yang lain.


    Rika rahmawati
    X otkp 7

    BalasHapus
  39. Sipa fatmawati
    X otkp 7
    Musik:ialah waktu yang memang pada dasarnya untuk di dengar,musik ialah wujud waktu yg hidup yang juga merupakan sekumpulan ilusi & alunan suara. Sebuah alunan musik yang isinya serangkaian nada yang mempunyai jiwa yang mampu mengguga ataupun menggerakan hati yang mendengarkannya,atau penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

    Ekspresi:ialah pengungkapan atau suatu proses dalam mengutarakan maksud,perasaan,gagasan,di ekspresikan dalam bentuk nyata sehingga bisa di rasakan.

    Petunjukan musik:ialah suatu penyajian penomena bunyi yang di sajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat di dengar,dan di nikmati oleh manusia.
    Atau proses dalam sebuah petunjukan musik berawal dari ide musik dan kemudian di wujudkan dalam sebuah komposisi dan di sampaikan kepada para pendengar/penonton.

    BalasHapus
  40. Dera puspita x otkp 9


    -Musik adalah pikiran yang dikeluarkan secara teratur yang berbentuk bunyi yang terdiri dari irama,nada,ritmik, dan melodi secara teratur yang dapat menghasilkan suara yang enak di dengar.
    -Ekspresi adalah reaksi raut wajah yang ditimbulkan secara tiba tiba tanpa adanya rencana yang memperlihatkan suatu ungkapan atau pemikiran yang dirasa.
    -Pertunjukan adalah sebuah tontonan yang memiliki nilai seni dimana tontonan tersebut di sajikan sebagai pertunjukan di di depan penonton.

    BalasHapus
  41. Sinta Nuraeni X otkp 6

    #Musik
    Musik sebagai media untuk menggambarkan/mengekspresikan apa yang kita alami saat bermusik.
    Dalam hidupnya manusia tidak terlepas dari musik sehingga menjadikan manusia menjadi bagian dari musik itu sendiri.


    #Ekspresi
    musik dapat diungkapkan melalui media suara, baik yang berasal dari diri manusianya atau lewat alat-alat yang digunakan.


    #Pertunjukan
    adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton

    BalasHapus
  42. Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,nada,dan keharmonisan terutama dari suatu yang di hasilkan dari alat alat yang dapat menghasilkan irama walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi,untuk mencipta,memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    Ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan(yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud,gagasan,perasaan,dan sebagainya).

    Pertunjukan musik adalah sebuah pagelaran seni yang memuat aspek aspek musik,dengan pertunjukan dari macam macam musik yang lain.


    Rika rahmawati
    X otkp 7

    BalasHapus
  43. M GIFFARI AZHAR
    X OTKP 2


    •Musik
    Adalah susunan suara yg disusun sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan suara , nada dan irama yg di hasilkan dari alat alat musik yang di mainkan.

    •Ekspresi
    Adalah sesuatu yang menunjukan ungkapan emosi atau perasaan melalui raut wajah seseorang dalam penciptaan karya seni nya.

    •Pertunjukan
    Karya seni yang melibatkan banyak orang ataupun individu di suatu tempat atau waktu Tertentu.

    BalasHapus
  44. Selly X otkp 5

    • Musik
    Musik adalah serangkaian nada yg disatukan menjadi sebuah harmonisasi yg menarik jika didengar dengan menggunakan alat musik tertentu.

    • Ekspresi
    Ekspresi adalah proses pengungkapan atau menyatakan perasaan terhadap karya seni melalui raut wajah.

    • Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik adalah pertunjukan yg menunjukan berbagai macam hal-hal yg berkaitan dengan musik.

    BalasHapus
  45. -Musik Adalah Bunyi Dan Getaran Yang Memiliki Irama,Sehingga Getarannya Indah Sangat Di Dengar .

    -Ekspresi Adalah Keadaan Reaksi Wajah Seseorang Berdasarkan Lintasan Perasaanya,Proses Menyatakan Maksud Gagasan Maupun Perasaan

    -Pertunjukan Musik Adalah Suatu Penyajian Fenomena Bunyi Yang Di Sajikan Dalam Bentuk Musik Yang Berkualitas Untuk Dapat Di Dengar Dan Di Nikmati Oleh Manusia


    Gina Ramadhan X Otkp 7

    BalasHapus
  46. Siti sopiah X Otkp3

    -Musik adalah serangkaian nada-nada dan suara yang biasa digunakan untuk mengekspresikan emosi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan suara.

    -Ekspresi adalah mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud, perasaan dan gagasan.

    -Pertunjukan Musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  47. Siti Sumiati
    X otkp 9


    - Musik adalah suara yg di susun sehingga mengandung irama,lagu,nada yg indah.
    -Ekspresi musik adalah ungkapan perasaan yg di tunjukan ketika memainkan musik.
    -pertunjukan musik adalah adalah penyajian yg di tunjukan dlm bentuk musik untuk dapat di dengar dan di nikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  48. Sulis Rahmawati X-Otkp1

    -Musik adalah suara yg disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yg dihasilkan dari alat-alat yg dapat mengahsilkan irama.
    -Ekspresi diartikan juga sbg mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan, perasaan dan gagasan.
    -Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian, fenomena bunyi yg disajikan dalam bentuk musik yg berkualitas untuk dapat di dengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  49. Musik
    Adalah salah satu sarana hiburan yang umumnya sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat dari zaman dahulu bahkan sekarang , musik tentunya tidak lepas dari yang namanya instrumen musik atau alat musik.

    ekspresi 
    Adalah sebuah pengungkapan perasaan, maksud yang ada dalam pikiran seseorang.

    Pertunjukan musik
    Adalah sebuah pertunjukan yang disajikan dengan berbagai alat musik sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat



    Dista risti rahmayanti X otkp 4

    BalasHapus
  50. Sekar Amanda N. X OTKP 7

    Menurut saya
    🔹Musik adalah sebuah karya seni yang mengandung makna di setiap lirik yang disampaikan dengan cara berirama sehingga lebih menarik dan makna dapat lebih mudah tersampaikan atau dimengerti pendengar.
    🔹Ekspresi adalah kondisi atau reaksi wajah seseorang yang ditunjukkan sebagai bentuk pengungkapan perasaan.
    🔹Pertunjukan musik adalah pertunjukan yang dimaksudkan untuk menghibur orang banyak melalui musik sekaligus menyampaikan pesan dari setiap musik yang ditampilkan.

    BalasHapus
  51. M.fajar x otkp 1

    Musik adalah suara yg disuaun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan.

    Ekspresi adalah ungkapan perasaan dari dalam hati bisa ditunjukkan melaluu ekspresi apakh gembira,sedih atau romantis.

    Pertunjukan musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yg disajikan dalam bentuk musikyg bekualitas untuk dapat didengar dan dinikmati manusia.

    BalasHapus
  52. M.fajar x otkp 1

    Musik adalah suara yg disuaun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan.

    Ekspresi adalah ungkapan perasaan dari dalam hati bisa ditunjukkan melaluu ekspresi apakh gembira,sedih atau romantis.

    Pertunjukan musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yg disajikan dalam bentuk musikyg bekualitas untuk dapat didengar dan dinikmati manusia.

    BalasHapus
  53. Febrian syahayani xotkp8

    Menurut saya musik merupakan cabang seni yanng didalamnya terdapat melodi,irama,harmoni,vocal,dan juga tempi yang dapat menghasilkan sebuah karya seni berupa bunyi.eksperesi merupakan mengungkapkan perasaan didalam proses penyiptaan karya seni tersebut sebagai pandangan raut wajah yang memperlihatkan suatu perasaan seseorang ketika sedang marah,sedih maupun senang.pertunjukan musik merupakan suatu penyajian yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dinikmati oleh penonton/seorang tersebut.

    BalasHapus
  54. Siti Nurhaliza x otkp 2

    Musik
    Musik adalah irama nada yg menyanyikan sebuah lirik
    Ekspresi
    Ekspresi adalah raut wajah yang menunjukkan kebahagiaan dan sedih
    Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik adalah menyanyikan sebuah lagu di hadapan banyak orang

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Definisi musik bisa banyak teori,baik dari ahli maupun perseorangan.tergantung dari penjiwaan seseorang dalam mengapresiasikan sebuah musik.

    BalasHapus
  57. -menurut saya musik adalah sebuah
    irama atau nada yg disusun dengan sedemikian rupa, musik dihaslikan dari alat alat yg dapat menghasilkan irama. Dan musik juga bisa meredamkan hati seseorang yang sedang gundah atau galau.

    -ekspersi adalah cara sesorang mengungkapkan maksud atau perasaan, menggunakan mimik muka atau kesan wajah.

    -pertunjukan musik adalah persembahan segala macam musik yang berkualitas, dan dapat mengungkapkan perasaan, atau perwujudan melalui suara manusia dan harmonisasi alat musik yang diciptakan oleh pencipta nya.

    Wiwi Nawiyah X Otkp3.

    BalasHapus
  58. Lisnawati otkp 3

    - Musik, adalah suara yang di susun
    sedemikian rupa sehingga dapat
    mengandung irama
    - Ekspresi, adalah ungkapan perasaan pelaku
    seni, perasaan yang dimaksud adalh
    perasaan khusus yang dapat membangun
    sikap serta nilai
    - Pertunjukkan musik, adalah suatu penyajian
    fenomena bunyi yang di sajikan dalam
    bentuk musik yang berkualitas untuk dapat
    di dengar dan dinikmati manuasia.

    BalasHapus
  59. Siti aminah X otkp 3
    >Musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya, dan menurut saya musik sanggup mempengaruhi mood dan emosi dari diri seseorang dan musik dapat dijadikan suatu inspirasi dan penghilang setress.
    >ekspresi ialah satu bentuk komunikasi nonverbal, untuk menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya, Ekspresi dalam seni musik yaitu ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa tempo, dinamik dan warna nada. Ekspresi harus muncul dari dalam hati.
    >Pertunjukan musik dapat dijadikan sebagai hiburan, sebagai sarana evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran seni musik (kesenian) di sekolah. Dan juga sebagai media pengembangan bakat, media komunikasi, media ekspresi diri dan media apresiasi.

    BalasHapus
  60. Puput oktaviani x otkp2


    ●Musik
    Musik yaitu suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.
    ●Ekspresi
    Ekspresi adalah mimik wajah atau gambaran wajah ekspresi dlm kehidupan sehari hari tidak terduga atau secara langsung tidak direncanakan ekspresi dalam seni sudah direncanakan atau sudah diatur.
    ● pertunjukan musik
    Pertunjukan yang menunjukkan berbagai macam hal-hal yang berkaitan dengan Musik. Seperti Orkestra, Menyanyi dan sebagainya.

    BalasHapus
  61. Eneng Tuti Alawiyah X otkp7

    -Musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,nada,dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat2 yang dpt menghasilkan irama.

    -Ekspresi merupan ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa dari tempo,dinamik,dan warna nada dari unsur2 pokok musik,dalam pengelompokkan frase yang diwujudkan oleh seniman musik/penyair,disampaikan kepada pendengarnya.

    -Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dlm bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia

    BalasHapus
  62. "Musik"merupakan suara yang mengandung irama,lagu,nada,dan keharmonisan musik juga memiliki sejenis fenomena intuisi untuk mencipta atau memperbaiki dan mempersembahkannya dalam bentuk seni

    "Ekspresi"merupakan proses ungkapan yang menyatakan atau memperlihatkan maksud gagasan,dan perasaan dalam proses penciptaan suatu karya seni

    "Pertunjukan musik"merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh semua orang.

    Nisti Yuningsih X Otkp 9

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Jaelani X otkp 7
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

    *Ekspresi
    Ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni.Ekspresi diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan.

    Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi diartikan sebagai pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya.

    *Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  65. NOVITASARI 10 OTKP 4

    #Musik
    Musik yaitu suara yang di susun demekian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan terutama dari suara yang di hasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

    #Ekspresi
    Ekspresi yaitu mimik wajah,penggambaran pada wajah sesuai apa yang kita rasakan.

    #Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang di sajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  66. jihan erviyanti xotk5


    #musik yaitu suara yg di susun
    #Musik
    Musik yaitu suara yang di susun demekian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan terutama dari suara yang di hasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

    #Ekspresi
    Ekspresi yaitu mimik wajah,penggambaran pada wajah sesuai apa yang kita rasakan.

    #Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang di sajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.
    Ba

    BalasHapus
  67. Fungsi musik sebagai media ekspresi diri berarti musik harus bisa menjadi lebih dari sekadar kumpulan not dan melodi. Musik harus mengkomunikasikan sesuatu - perasaan, emosi, atau cerita dari sang musisi.

    Ikke patimah
    X otkp 5

    BalasHapus
  68. Siti Halimah X otkp 4

    •Musik
    Musik yaitu suara yang di susun demekian rupa sehingga mengandung irama,lagu,dan keharmonisan terutama dari suara yang di hasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

    •Ekspresi
    Ekspresi yaitu mimik wajah,penggambaran pada wajah sesuai apa yang kita rasakan.

    •Pertunjukan musik
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang di sajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  69. Menurut saya pertunjukan musik adalah sesuatu yang sangat menyenangkan karna pertunjukan musik sangatlah unik mungkin ada dari menonton yang menyukai musik tersebut,ada juga yang tadinya tidak tau musik itu setelah mendengarnya menjadi suka terhadap musik yang ditampilkan tersebut.


    Irma Anita Amelia
    X OTKP 2

    BalasHapus
  70. Siva alfatuhira Otkp 3

    Musik adalah komunikator emosional yg sangat kuat fungsi musik sebagai media ekspresi dan berarti musik harus bisa menjadi lebih dri sekedar kumpulan not dan melodi.
    Ekspresi adalah hasil dari satu atau lebih grakan pada posisi otot atau wajah.
    Pertunjukan musik kita dapat berekspresi dengan musik seharian dan meluangkan sedikit kreatifitas kita dalam acara tersebut.

    BalasHapus
  71. FARDHAN MUFIDE OTKP 5



    Harmoni

    Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan. Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord. Harmoni dari gabungan nada akan menghasilkan bunyi yang halus,enak didengar. Gabungan dari susunan nada disebut juga dengan trinada. Tanpa adanya harmoni dalam unsur musik, maka musik akan terdengar sumbang atau kacau.

    Struktur/Bentuk lagu

    Struktur lagu adalah susunan serta hubungan antara unsur musik dalam suatu lagu sehingga menghasilkan suatu komposisi atau lagu yang bermakna. Sebuah lagu terdiri atas satu bait atau beberapa bait. Bait terdiri beberapa kalimat, kalimat terbentuk dari frase, frase terbentuk dari motif, dan motif tersusun dari not. Unsur-unsur tersebut di atas merupakan unsur struktur lagu.

    Motif dapat diartikan suatu bentuk pola irama dan melodi yang pendek tetapi memiliki arti. Fungsinya memberi arah tertentu pada melodi yang memberi hidup pada suatu komposisi.

    Frase ialah bagian dari kalimat musik. Frase terdiri dari 2-4 birama terbentuk dari beberapa not yang membentuk suatu pola irama tertentu dalam lagu. Sepasang motif biasanya membentuk frase.

    Kalimat musik sendiri adalah bagian dari lagu yang biasanya terdiri dari 4-8 birama. Kalimat musik terbentuk dari sepasang frase dan dua kalimat musik atau lebih akan membentuk lagu. Frase juga berfungsi sebagai tempat mengambil nafas (mencuri) tanpa menghilangkan makna lagu.

    Frase dan kalimat musik terdiri dari dua bagian yang saling melengkapi yaitu anteseden dan konsekuen. Frase anteseden merupakan frase pertama biasanya berhenti pada kadens tidak sempurna yang membutuhkan penyelesaian, frase ini sebagai pembuka dalam suatu kalimat, dapat juga dikatakan sebagai bagian pertanyaan yang memerlukan jawaban segera atau penyelesaian segera. Farse konsekuen merupakan frase bagian kedua dari kalimat yang berfungsi sebagai penjelas, penjawab, atau penyelesaian kalimat musik.

    Ekspresi

    Arti ekspresi ialah ungkapan pikiran & perasaan yg mencakup semua nuansa dari tempo, dinamik, & warna nada dari unsur-unsur pokok musik, dalam pengelompokkan frase (phrasing) yang diwujudkan oleh seniman musik/penyanyi, disampaikan kepada pendengarnya.

    Ekspersi dalam bermain musik sangat penting karena menyangkut perasaan yang mewakili isi dari lagu yang akan disampaikan oleh penciptannya.Ekspresi dalam musik adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup nuansa tempo dinamik, dan gaya dari unsur -unsur pokok musik. Unsur -unsur ekspresi dalam musik adalah :

    a.Tempo

    Adalah kecepatan suatu lagu dan perubahan dalam kecepatan lagu tersebut. Kata tempo berasal dari bahasa Italia. Alat yang digunakan untuk menentukan kecepatan tempo adalah Metronom Maelzel. Contoh istilah tempo yang sering digunakan dalam bermain musik , presto( cepat sekali),allegro (cepat gembira), allegretto (agak cepat), moderatto( sedang), andante(seperti orang berjalan), adagio (lambat) dan lain sebagainya

    BalasHapus
  72. Intan Monica X otkp 7

    Menurut pendapat saya

    -Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan. Musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    -Ekspresi adalah ungkapan perasaan pelaku seni. Ekspresi diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan.

    -Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  73. Fitri permata sari x otkp 7
    _Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan irma lagu dan keharmonisan
    -Ekspresi adalah ungkapan prasaan pelaku seni.
    -pertunjukan musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik.

    BalasHapus
  74. Dian Melani Xotkp7

    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    Ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan

    Pertunjukan musik adalah sebuah pagelaran seni yang memuat aspek - aspek musik, dengan pertunjukan dari macam - macam musik yang lain

    BalasHapus
  75. Hanna Dwiyansyah X Otkp 3

    *Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.
    *Ekspresi diartikan juga sebagai mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud , perasaan dan gagasan.
    *Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  76. Siskya handayani X otkp

    -musik adalah suara Yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,nada Dan keharmonisan.
    -ekspresi adalah mimik wajah Yang mengungkapkan perasaan pelaku semi.
    -pertunjukan musik adalah suatu penyajian penomena bunyi yg disajikan Dalam bentuk musik yg berkualitas untuk dapat didengar& dinikmati oleh Banyak orang

    BalasHapus
  77. Siskya handayani X otkp 6, maaf angka 6 nya tadi gak kebawa

    BalasHapus
  78. Lusi Lisnawati X otkp 03

    #Musik
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga menggandung irama, lagu, nada dan keharmonisan terutama dari suara yang di hasilkan dari alat alat yang dapat menghasilkan irama.

    #Ekspresi
    Ekspresi adalah hasil dari satu atau lebih gerakan atau posisi otot pada wajah.

    #Petunjukan Musik
    Yaitu merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang di sajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat di dengar dan di nikmati manusia.

    BalasHapus
  79. Siti astriani x otkp 8

    1).Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    2).Ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan (memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya). ... Arti lainnya dariekspresi adalah pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang.

    3).Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musikyang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  80. Lira refani nazmi X otkp 3

    Musik= adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    Ekspresi =adalah dimana muka sseorang menjadi berubah dengan sesuia keadaan

    Pertunjukan musik = merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  81. Angurah Aldion P
    X otkp 8
    Menurut anugrah
    1.musik adalah perpaduan yang mengkolaborasikan unsur dari suara nada dan melodi serta merupakan karya seni yang mengandung maksud yang terkandung di dalamnya

    2.ekspresi adalah gambaran yang menyatakan perasaan seseorang dalam menghayati makna dari setiap lirik yang ada pada musik tersebut

    3.pertunjukan musik adalah serangkaian pertunjukan dari beberapa unsur yang dibuat dengan tujuan agar dapat lebih mudah dalam menyampaikan amanat yang terkandung di dalam musik tersebut

    Itulah pendapat anugrah mengenai musik ekspresi dan pertunjukan musik

    BalasHapus
  82. Musik: adalah ilmu dan seni dari kombinasi ritmis nada nada, vokal maupun instrumental, yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengekspresikan apa saja yang memungkinkan, namun khususnya bersifat emosional.

    Ekspresi: adalah pengungkapan atau suatu proses dalam mengutarakan maksud,perasaan,gagas.Dan sebaiknya di ekspresikan dalam bentuk nyata sehingga bisa di rasakan.

    Pertunjukan musik: Sebuah pagelaran seni yang memuat aspek aspek musik, dengan pertunjukan dari macam macam musik yang lain

    Nama: Muhammad Aditia
    Kelas: X-otkp6

    BalasHapus
  83. Nama:Dewi Sri Hartati
    Kelas:X-Otkp5

    •Musik adalah suara yang disusun hingga menghasilkan irama,lagu dan harmonisasi.
    •Ekspresi adalah mimik wajah, penggambaran pada wajah sesuai apa yang kita rasakan.
    •Pergelaran musik adalah kegiatan bernyanyi yang digelar didepan banyak orang.

    BalasHapus
  84. Naya Sabila X Otkp 5

    #Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun Musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    #Ekspresi adalah pengungkapan ataupun suatu proses dalam mengutarakan maksud, perasaan, gagasan dan sebagainya. ... Pemikiran dan gagasan yang disimpan saja tidak akan menghasilkan apa-apa.
    Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  85. Fitri amelia zachra x otkp 1

    - Pengertian musik adalah suara yang di susun sedemikian rupa sehingga mengandung irama,lagu,nada dan keharmonisan terutama dan suara yang di hasilkan dari alat alat yang dapat menghasilkan irama
    - Pengertian ekspresi adalah pengungkapan ataupun suatu proses dalam mengutarakan maksud,perasaan,gagasan dan sebagai nya.
    - Pengertia pertunjukan musik merupakan penyajian suatu fenomena yang di sajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat di dengar dan di nikmati oleh manusia

    BalasHapus
  86. Gita Aulia otkp 3
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

    Ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan dsb melalu raut wajah.

    pertunjukan adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.

    BalasHapus
  87. Ardiansyah X otkp8
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    Ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan dsb. Atau pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang.

    pertunjukan adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.

    BalasHapus
  88. Ardiansyah X otkp8
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

    Ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan dsb. Atau pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang.

    pertunjukan adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.

    BalasHapus
  89. Musik: adalah ilmu dan seni dari kombinasi ritmis nada nada, vokal maupun instrumental, yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengekspresikan apa saja yang memungkinkan, namun khususnya bersifat emosional.

    Ekspresi: adalah pengungkapan atau suatu proses dalam mengutarakan maksud,perasaan,gagas.Dan sebaiknya di ekspresikan dalam bentuk nyata sehingga bisa di rasakan.

    Pertunjukan musik: Sebuah pagelaran seni yang memuat aspek aspek musik, dengan pertunjukan dari macam macam musik yang lain.


    Bilqis devita sari 10 otkp 6

    BalasHapus
  90. Erina X otkp 8

    musik adalah bunyi dan getaran yg memiliki irama, sehingga getaran nya sangatterdengar indah

    Berekspresi diartikan sebagai kegiatan mengubah, menyatakan, serta merealisasikan suatu konsep seni sebagai ekspresi dalam wujud yang bisa diraba dan bisa lihat.

    Pertunjukan musik Sebuah pagelaran seni yang memuat aspek - aspek musik, dengan pertunjukan dari macam - macam musik yang lain

    BalasHapus
  91. Musik adalah komunikator emosional yang sangat kuat. Contoh dimana musik mempengaruhi emosi kita adalah ketika kita menonton adegan film yang diiringi musik.

    Sedangkan berekspresi menurut seni rupa adalah kegiatan mengubah, menyatakan, serta merealisasikan suatu konsep seni sebagai ekspresi dalam wujud yang bisa diraba dan bisa llihat.

    Sedangkan pertunjukan musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh yang lain.

    Laiela sari X otkp8.

    BalasHapus
  92. Musik
    Adalah Suatu Nada Yang Menghasilkan Irama Yang Indah Dan Di Kolaborasikan Oleh Instrumen Seperti Gitar,Dram,Piano,Dll
    -Ekpresi
    adalah Pikiran Seseorang Yang Di Maksudkan Untuk Mengungkapkan Suatu Perasaan Dan Gagasan.
    -Pertunjukan Musik
    merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

    M Randi Azhar X otkp 02.

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. Antonius
    X-OTKP 7

    -Musik
    Adalah suatu suara yang diselaraskan dengan suatu tempo harmoni yang membentuk suara berurutan dan membentuk suatu musik
    -Ekspresi
    Adalah sesuatu yang mencakup suatu emosi dan pikiran manusia
    Bisa juga untuk mengapresiasikan suatu seni
    -Pertunjukkan seni
    Adalah suatu pergelaran untuk menampilkan beberapa seni yang juga digunakan untuk menghibur orang orang

    BalasHapus
  95. Triyani Agustin X OTKP 2

    -musik
    Musik Yaitu surat yg di susun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama dari surat yg di hasilkan dari alat alat yg dapat menghasilkan irama.
    -Ekspresi
    Ekspresi adalah mimik wajah atau gambaran wajah ekspresi dalam kehidupan sehari-hari tidak direncanakan ekspresi dalam seni sudah direncanakan atau sudah di atur
    -Pertunjukan musik
    Pertunjukan yang menunjukkan berbagai macam hal- hal yg berkait dengan musik. Seperti Orkestra, menyanyikan dan sebagainya.

    BalasHapus
  96. Sulis Rahmawati X-Otkp1

    -Musik adalah suara yg disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yg dihasilkan dari alat-alat yg dapat mengahsilkan irama.
    -Ekspresi diartikan juga sbg mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan, perasaan dan gagasan.
    -Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian, fenomena bunyi yg disajikan dalam bentuk musik yg berkualitas untuk dapat di dengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  97. Sulis Rahmawati X-Otkp1

    -Musik adalah suara yg disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yg dihasilkan dari alat-alat yg dapat mengahsilkan irama.
    -Ekspresi diartikan juga sbg mimik muka atau kesan wajah untuk menyatakan atau mengungkapkan, perasaan dan gagasan.
    -Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian, fenomena bunyi yg disajikan dalam bentuk musik yg berkualitas untuk dapat di dengar dan dinikmati oleh manusia.

    BalasHapus
  98. Resti Nuraeni x otkp 7


    -Musik
    Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi( suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

    -Ekspresi
    Adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa tempo, dinamik dan warna nada dari unsur-unsur poko musik dalam pengelompokkan frase ( frasering) yang diwujudkan oleh seniman musik atau penyanyi atau disampaikan pada pendengar.

    -Pertunjukan musik
    Adalah suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia. Sebuah pagelaran seni memuat aspek-aspek musik, dengan pertunjukan dari macam-macam musik yang lain

    BalasHapus
  99. MUSIK adalah ilmu dan seni dari kombinasi ritmis nada-nada, vokal maupun instrumental, yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengekspresikan apa saja yang memungkinkan, namun khususnya bersifat emosional.

    EKSPRESI adalah pengungkapan ataupun suatu proses dalam mengutaran maksud, perasaan dan gagasan .

    PETUNJUKAN MUSIK adalah Pertunjukan yang menunjukkan berbagai macam hal-hal yang berkaitan dengan Musik. Seperti Orkestra, dan Menyanyi.

    Aulia x otkp 1

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Minggu kedua : Apresiasi dan Kritik karya senirupa,Cigombong,tgl.9april 2020

Materi Bab Kritik Musik - Kamis,23 April 2020