Materi Minggu kedua : Apresiasi dan Kritik karya senirupa,Cigombong,tgl.9april 2020

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi siswa-siswi SMK nuansa yang bapak sayangi.kita bertemu di kegiatan belajar online Minggu kedua.Bapak harap semoga kalian masih diberikan kesehatan&kekuatan dari bencana wabah virus covid-19.

Oke anak-anak,mari kita mulai pelajaran kita di bab kritik karya senirupa.kalau kalian menyimak tugas bapak di Minggu kemarin,bapak sengaja untuk membuat tugas menggambar itu semata-mata berkaitan dengan materi Minggu ini.

Tahukah kamu pengertian apresiasi dan kritik karya seni rupa? Secara umum istilah apresiasi seni dapat diartikan memahami sepenuhnya seluk-beluk karya seni serta menjadi sensitif (peka) terhadap segi-segi estetikanya.apresiasi dapat juga diartikan berbagi pengalaman antara seniman&penikmat karya.sedangkan pengertian kritik dalam karya seni tidak diartikan sebagai kecaman yang menyudutkan hasil karya penciptanya.kritik seni pada dasarnya merupakan kegiatan menanggapi karya seni.hanya menunjukkan kelebihan atau kekurangan karya seni.

Pernahkah kamu melakukan apresiasi & kritik karya seni? Kamu mungkin tidak menyadari bahwa kegiatan apresiasi dan kritik sering dilakukan sehari-hari. Menanggapi, memberi komentar, memberi penilaian “bagus” atau "jelek" “suka” atau “tidak suka” adalah bagian dari kegiatan kritik. Dengan memahami berbagai pengertian apresiasi dan kritik seni diharapkan dapat lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan dalam bab ini. Pengetahuan ini tidak saja bermanfaat dalam pembelajaran seni di sekolah tetapi juga dalam kehidupan
di luar sekolah.
setelah kalian menulis&membaca materi diatas,silahkan kalian mengungkapkan pendapat kalian dikolom komentar.

Ketika kamu melihat sebuah karya seni rupa, aspek apa saja yang kamu lihat? Mengapa kalian meminati sebuah karya seni rupa tetapi kurang meminati karya yang lainnya? Mengapa sebuah karya seni rupa kalian katakan “bagus” sedangkan karya yang lain kalian sebut “jelek”?

Coba berikan pendapat dan analisa kalian pada kolom komentar tentang apresiasi & kritik terhadap sebuah karya seni rupa!!!

Contoh modelnya seperti membuat apresiasi atau  kritik terhadap gambar yang kalian buat minggu kemarin.bagi siswa yang memberikan komentar di blog ini,tulis nama & kelasnya. bapak akan berikan penilaian juga absensi kehadiran.
yang belum memberikan tugas menggambar segera selesaikan,ditunggu sampai hari ini,jangan lupa tulis nama&kelasnya,terimakasih.

selamat mengerjakan!!!

semangat belajar!!!

#Dirumah aja

tetap menjaga kondisi kesehatan kita,
wassalamualaikum wr.wb.

Komentar

  1. Balasan
    1. Baca materinya suruh apa,catat dibuku,gambar kemarin komentari disini!

      Hapus
  2. Memberikan kritik karya senirupa.setelah itu baru kasih nama&kelas buat absensi kehadirannya!!!

    BalasHapus
  3. Perhatikan ya! Bukan tulis nama&kelas doang.tapi memberikan kritik karya seni! Baca lg materinya!!!

    BalasHapus
  4. Dalam kritik karya seni rupa selain dapat dinikmati keindahanya juga dapat memberikan tanggapan dan evaluasi berdasarkan aspek-aspek simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis yang terdapat dalam karya tersebut. Pengetahuan dan wawasan yang luas tentang berbagai aspek karya seni rupa akan membantu memudahkan dalam mengeritik sebuah karya seni. Kritikan yang baik memberikan manfaat bagi pembacanya dalam memahami karya seni rupa serta manfaat bagi perupanya untuk meningkatkan kualitas karya ciptannya.

    BalasHapus
  5. Dendi Maulana x-otkp3

    Aspek yang saya lihat adalah tebal atau tidaknya warna,teknik menggambar itu sendiri dan tentu saja kedapihan dari gambar tersebut

    Saya menyatakan "bagus" pada suatu gambar hanya saat gambar itu memiliki nilai seni yang tinggi,walau begitu saya tidak pernah atau tidak akan mungkin mengatakan suatu gambar itu "jelek" karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda

    BalasHapus
  6. Dendi Maulana x-otkp3

    Aspek yang saya lihat adalah tebal atau tidaknya warna,teknik menggambar itu sendiri dan tentu saja kedapihan dari gambar tersebut

    Saya menyatakan "bagus" pada suatu gambar hanya saat gambar itu memiliki nilai seni yang tinggi,walau begitu saya tidak pernah atau tidak akan mungkin mengatakan suatu gambar itu "jelek" karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda

    BalasHapus
  7. Dendi Maulana x-otkp3

    Aspek yang saya lihat adalah tebal atau tidaknya warna,teknik menggambar itu sendiri dan tentu saja kedapihan dari gambar tersebut

    Saya menyatakan "bagus" pada suatu gambar hanya saat gambar itu memiliki nilai seni yang tinggi,walau begitu saya tidak pernah atau tidak akan mungkin mengatakan suatu gambar itu "jelek" karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda

    BalasHapus
  8. Dengan kata lain apresiasi dan kritik karya senirupa yaitu penilaian atau pendapat kita terhadap sebuah karya senirupa tentang kelebihan dan kekurangan karya seni tersebut. Setiap orang pasti mempunyai pandangan yang berbeda, bisa jadi sebuah karya senirupa yang kita anggap jelek tetapi bagus dipandangan orang lain dan sebaliknya.
    Muhamad Sadikin X otkp 4

    BalasHapus
  9. Kritik atau apresiasikan gambar kalian Minggu kemarin,kasih nama & kelas!!!

    BalasHapus
  10. Nuraida x otkp 7

    Aspek yang di lihat adalah tebal atau tidaknya warna

    Saya menyatakan "Bagus" pada gambar yang saya buat dan memiliki nilai seni yang tinggi,bisa jadi sebuah karya seni rupa yang kita anggap jelek tapi bagus jika di pandang orang lain dan begitu pula sebaliknya

    BalasHapus
  11. Menurut saya ada kekurangan dalam seni rupa yang saya gambar seperti kurang rapih dan ada beberapa titik yang tidak terwarnai . Tetapi seni rupa yang saya gambar penuh dengan warna dan menimbulkan sedikit efek 3D

    Bilqis devita sari X otkp 6

    BalasHapus
  12. Amin maolana X Otkp 3

    Jadi setiap karya seni itu mempunyai daya tarik yang berbeda kepada setiap manusia jadi manusia itu mempunyai perbedaan dalam menilai

    BalasHapus
  13. Siti nuryani X otkp 5

    Aspek yang di lihat ada lah tebal atau tidaknya tekstur

    Saya menyatakan"Bagus" pada gambar yang saya buat dan memiliki nilai seni yang tinggi,tetapi bisa di katakan jelek jika dipandang orang lain,karena pendapat manusia berbeda beda

    BalasHapus
  14. Media yang di gunakan dalam gambar kemarin tergolong dalam mix media, dimana lebih dari satu media digunakan ialah pensil gambar 2B,penghapus, penggaris, connectors pens dan buku gambar uk.A3

    Bagi seniman seniman profesional dan orang orang yang sudah mengenal seni rupa dengan sangat dalam,Karya ini memang bisa di bilang tidak ada apa apanya . Namun terkadung makna yang begitu dalam di balik seperti yg di ungkapkan saya, lukisan ini dibuat agar tetap menjaga kesehatan,selalu cuci tangan ,dan tetap di rumah jangan dulu keluar kemana mana .

    Meskipun lukisan ini masih jauh di banding karya seni rupa seniman/ siswa lain, namun ini adalah langkah awal yang baik untuk saya untuk turun di dunia seni rupa dan sangat butuh belajar kembali .

    M.Lukman
    X otkp 8

    BalasHapus
  15. Dalam kritik karya seni rupa selain dapat dinikmati keindahanya juga dapat memberikan tanggapan dan evaluasi berdasarkan aspek-aspek simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis yang terdapat dalam karya tersebut. Dan menurut saya ada beberapa kekurangan dalam seni rupa yang saya buat seperti kurang rapi saat mewarnainya.

    Dwi Mulyani X Otkp 1

    BalasHapus
  16. Yang di liat adalah kekreatifitasnya dalam seni rupanya .
    Karena dalam seni rupa dapat melatih kesenian dalam jiwa , sedangkan seni musik atau yang lain ada orang yang tidak suka karena sulit untuk memahaminya.

    Putri febrianti x otkp 3

    BalasHapus


  17. menurut saya seni rupa yang kemarin saya buat itu ada kelebihan dan kekurangannya,
    Kelebihannya itu saya dapat melihat keindahaan di dalamnya itu pendapat saya dan kekurangannya itu cara menggambar saya kurang rapi dan warna yang saya berikan itu kurang tebal

    Siti yulianingrum xotkp7

    BalasHapus


  18. menurut saya seni rupa yang kemarin saya buat itu ada kelebihan dan kekurangannya,
    Kelebihannya itu saya dapat melihat keindahaan di dalamnya itu pendapat saya dan kekurangannya itu cara menggambar saya kurang rapi dan warna yang saya berikan itu kurang tebal

    Siti yulianingrum xotkp7

    BalasHapus
  19. Dalam apresiasi dan kritik seni dapat dikatakan bahwa itu merupakan suatu penghayatan suatu seni dan penganalisaan untuk meningkatkan pemahaman tentang karya seni tersebut.
    Semua karya seni itu "BAGUS" karena di setiap karya seni terdapat nilai- nilai estetika yang terkandung didalamnya.

    Leni Lusiana X OTKP 2

    BalasHapus
  20. Kegiatan apresiasi seni berarti upaya memahami berbagai hasil seni dengan segala permasalahan serta menjadi lebih peka terhadap nilai nilai estetika yang terkandung di dalamnya.


    Dengan mengerti dan menyadari sepenuhnya seluk beluk suatu hasil seni serta menjadi sensitif terhadap segi segi estetikanya,seseorang diharapkan mampu menikmati dan menilai karya tersebut dengan semestinya.

    Rika rahmawati x otkp 7

    BalasHapus
  21. Menurut saya pribadi,karya seni rupa yg sudah saya buat kemarin memiliki bnyk kekurangan untuk kelebihan saya tidak bisa menilai sendiri kelebihan apa yg ada didalam gambar tsb,mungkin cara pandang dari orang lain yg bisa menilai gambar yg saya buat.kekurang dari gmbr bisa terjadi jika yg membuat gambar memang belum mempunyai bakat dalam menggambar.kekurangan yg lain di dlm gambar yg sudah saya buat kemarin adalah dari warna yg kurang tebal dan juga dalam mengkombinasikan warnanya kurang cocok atau kurang pas sehingga gambar tsb terlihat biasa biasa saja.
    Serawati X ap8

    BalasHapus
  22. Apresiasi dan kritik pada karya seni rupa merupakan penilaian dari setiap individual masing-masing yang pastinya berbeda.
    Dalam gambar ini saya melihat gambar tersebut hampir bagus jika saja mewarnainya bisa lebih rapih dan menggambarnya sesuai dengan visualisasi gunungnya yang nyata. Akan tetapi gambar ini memiliki pesonanya sendiri yang bisa membuat orang tertarik

    Siti sopiah X Otkp3

    BalasHapus
  23. Menurut pendapat saya gambar yang saya buat kemarin itu kurang bagus karna dalam gambar tersebut banyak sekali kekurangan kekurangannya dari segi warna maupun dari segi garis

    Puput oktaviani x otkp2

    BalasHapus
  24. Masitoh X OTKP II

    "Setelah saya mengamati gambar yang sudah saya buat menurut saya "bagus" karna dalam segi gambar nya sangat rapih, tetapi dalam segi warna kurang rapih sehingga mempengaruhi gambar tersebut. "
    Dan pada gambar tersebut memiliki makna tertentu, yaitu untuk menyadarkan masyarakat bahwa menjaga lingkungan itu penting agar tidak menimbulkan wabah penyakit.

    BalasHapus
  25. Siti Sumiati
    X otkp 9


    Menurut saya gambar yg kemarin saya buat itu tdk terlalu bagus.jika dari pandangan saya itu di karenakan pewarnaan nya yg tdk rapih dan warnanya yg tipis .

    BalasHapus
  26. Maulana Yusuf x otkp 3

    Aspek yang saya lihat adalah tebal dan tidak adanya warna serta garis-garis yang saya buat kurang rapi.

    Menurut saya, pada gambar yang saya buat "Bagus" dan cukup memiliki nilai seni, walaupun kurang rapi dan tidak adanya warna. Gambar yang saya buat bisa dinilai "Bagus" atau "Jelek" di lihat oleh orang lain, karena setiap orang memiliki pendapat dan selera yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  27. Dalam gambar tersebut terlihat ada beberapa area yg tidak sepenuhnya rterwarnai , serta pemilihan warna latar yang kurang tepat sehingga akan membuat beberapa warna warna lain menjadi samar , kurangnya ketebalan warna juga menjadi kekurangan gambar tersebut .

    Devita Amelia X Otkp 6

    BalasHapus
  28. Apresiasi dan keritikannya apresiasinya setiap orang memiliki minatnya masing masing setiap orang juga memiliki penilaian masing masing terhadap karya seni rupa dan setiap orang juga memiliki sudut pandang nya masing masing terhadap suatu karya seni rupa jadi ketika saya menyukai karya seni rupa saya sendiri bisa jadi teman saya sendiri menyukai karya seni rupa orang lain dan aspek yg dapat dilihat dari karya seni rupa saya sendiri adalah kreatifitasnya dalam seni rupa serta dapat dilihat dari bentuk ,ukuran dan warnanya

    NAMA Desti Dinarti Kelas X Ap 8

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Resti Nuraeni X Otkp 7

    Apresiasi merupakan kegiatan pernilaian terhadap sebuah karya seni yang diawali dengan cara mengatami, memahami, kemudian menghargai hasilnya. Jika kritik seni merupakan kegiatan menanggapi sebuah karya seni untuk menumbuhkan kelebihan dan kekurangannya. Kemudian jika kritik itu seperti masukan baik atau keras tergantung yang mengkritik

    Menurut saya karya seni rupa yang saya buat kemaren ada kelebihan dan masih banyak kekurangannyakekurangannya,seperti warna yang begitu bagus dan aga tebal dan kekurangannya ada bagian yang tidaj terwarnai, kurang rapih juga mengwarnainya

    BalasHapus
  31. Menurut saya gambar yang saya buat lumayan bagus,simple dan rapi.Kurangnya warna pada gambar saya menjadi kekurangan pada gambar itu sendiri.

    Fitri Amelia kls X-OTKP1

    BalasHapus
  32. Apresiasi merupakan proses kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni, sedangkan kritik seni adalah cara seseorang dalam menanggapi dan mengevaluasi suatu karya seni tersebut.
    Dessy Rismawati X Otkp 2

    BalasHapus
  33. Apresiasi merupakan proses kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni, sedangkan kritik seni adalah cara seseorang dalam menanggapi dan mengevaluasi suatu karya seni tersebut.
    Dessy Rismawati X Otkp 2

    BalasHapus
  34. Apresiasi merupakan proses kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni, sedangkan kritik seni adalah cara seseorang dalam menanggapi dan mengevaluasi suatu karya seni tersebut.
    Dessy Rismawati X Otkp 2

    BalasHapus
  35. Menurut saya karya seni menentukan kadar keberhasilan seni/gambar yang saya buat dan membangkitkan emosi secara efektif

    Mahasti putri malika Xotkp6

    BalasHapus
  36. Apresiasi merupakan proses kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni, sedangkan kritik seni adalah cara seseorang dalam menanggapi dan mengvaluasi suatu karya seni tersebut.
    Alisa Dwi Yuliandari Otkp 2

    BalasHapus
  37. Intan Monica X OTKP 7

    Apresiasi dan kritik pada karya seni rupa merupakan penilaian dari setiap individual masing2 yg pastinya berbeda.

    Menurut pendapat sayaa pribadi, karya yg saya buat kemarin mempunyai kelebihan yaitu sangat menarik dan terlihat nyata, kemudian terdapat kekurangannya yaitu tidak di penuhi oleh warna.

    BalasHapus
  38. Menurut saya gambar yang saya buat kemarin belum sempurna karena dalam segi pewarnaannya belum rapih dan juga belum maksimal dalam mengambar.


    Untuk memajukan dan mengembangkan Karya seni kita harus mengembangkan tujuan psikologis dalam kesenian dan manfaat kegunaannya

    Selfiana Mey Mey x otkp 6

    BalasHapus
  39. Menurut saya sendiri gambar yang saya buat kemarin lumayan sangat rapi hanya saja kekurangan dalam menentukan warna yang cocok. Mungkin lain kali saya akan mengapresiasi kan nya lagi. Jangan menilai orang dari kesalahannya yang ia buat, tapi nilailah bagaimana cara ia bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Terimakasih

    Dian Melani Xotkp7

    BalasHapus
  40. Menurut saya gambar yang kemarin saya buat mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.Kelebihannya adalah kalimat yang terdapat pada gambar dapat memotivasi seseorang dan membangkitkan seseorang dari keterpurukan.Sedangkan untuk kekurangan dari gambar yang saya buat adalah kurangnya warna yang disebabkan tidak adanya warna latar sehingga menjadikan gambar tersebut kurang menarik.Tetapi untuk mengkritik sebuah karya seni tidak hanya berkata itu "bagus" atau "jelek" yang sepantasnya kita katakan untuk mengkritik adalah mencoba memberi kritikan yang membangun dengan kalimat yang lebih sopan,jika kita hanya mengatakan karya itu jelek maka bisa jadi kita telah menghancurkan semangat seseorang untuk selalu mencoba dan berkarya.

    Sekar Amanda N. X OTKP 7

    BalasHapus
  41. Ridwan kurniawan otkp 7
    Apresiasi merupakan proses kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni, sedangkan kritik seni adalah cara seseorang dalam menanggapi dan mengevaluasi suatu karya seni tersebut.

    BalasHapus

  42. Hasil sebuah kritik seni dari seorang ahli kritikus dibidang seni atau biasa disebut dengan pengamat seni dapat mempengaruhi nilai dari suatu karya seni, tentu saja dengan penilaian yang ditunjukan dengan kritik seni yang disampaikan oleh seorang kritikus seni yang memuat kelebihan maupun kekurangan dari hasil karya seni dapat memberikan pandangan atas suatu karya seni tertentu

    Menurut pendapat saya,karya yang sudah saya buat kemarin memiliki kelebihan yang sangat menarik dan terlihat nyata,tetapi terdapat kekurangannya yaitu gambarnya kurang rapih.

    Sinta Nuraeni X otkp 6

    BalasHapus
  43. Menurut pendapat saya pribadi gambar bunga yang saya buat terlihat simpel dan menarik. Tetapi latarnya terliat kosong dan harus di isi dengan hiasan seperti kupu kupu ataupun lainnya agar terlihat bagus.


    Siti Astriani X otkp 8

    BalasHapus
  44. Fitri permatasari x otkp 7
    Apresiasi dan kritik merupakan penilain dari setiap orng yang berbeda beda
    Menurut saya gambar yang kemarin saya buat cukup rapi dan dipenuhi warna.

    BalasHapus
  45. Aspek Yang Dilihat Warna Tidak Terlalu Tebal

    Saya Mengatakan'Bagus'Pada Gambar Yang Saya Buat Dan Yang Mengatakan Karya Orang Lain Tidak Bagus Berarti Kepribadian Orang Tersebut Tidak Baik Karena Tidak Bisa Menghargai Karya Orang Lain Dan Slalu Membesar Diri Dan Slalu Melihat Karyanya Paling Bagus

    Gina Ramadhan X Otkp 7

    BalasHapus
  46. Aspek Yang Dilihat Warna Tidak Terlalu Tebal

    Saya Mengatakan'Bagus'Pada Gambar Yang Saya Buat Dan Yang Mengatakan Karya Orang Lain Tidak Bagus Berarti Kepribadian Orang Tersebut Tidak Baik Karena Tidak Bisa Menghargai Karya Orang Lain Dan Slalu Membesar Diri Dan Slalu Melihat Karyanya Paling Bagus

    Gina Ramadhan X Otkp 7

    BalasHapus
  47. Cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yg bisa di tangkap mata dan di rasakan dengan rabaan karya seni rupa murni sebagai keindahan karya manusia yang di buat dengan tujuan untuk di nikmati keindahannya saja.
    Sipa fatmawati X otkp 7

    BalasHapus
  48. Eneng Tuti Alawiyah X otkp7

    Apresiasi dan kritik merupakan sebuah proses menilai dan menghargai karya seni,dan dalam menanggapi sebuah gambar yang menunjukkan kelebihan dan kekurangan suatu karya seni

    Menurut pendak saya gamabar yang saya buat cukup menarik dan ada beberapa kekurangan dalam seni rupa yang saya buat seperti rapi dalam mewarnainya

    BalasHapus
  49. Bahan atau barang yang digunakan dalam gambar kemarin tergolong sangat mudah,seperti pensil,penghapus,penggaris,krayon,dan yg paling penting adalah buku gambar ukuran A3 atau ukuran apa aja.

    Bagi yang menyukai menggambar atau orang orang pfrofesional dalam bidang karya seni ini,tidak sebanding dengan apa yang saya buat.karena masih banyak kekurangan nya dari pada kelebihan nya.

    Menurut saya,gambar yg kemarin saya buat itu tidak terlalu bagus bisa dikatakan jelek .karna dalam hal perwarnaan masih banyak yang keluar garis,dan untuk penebalan nya tidak sesuai dengan gambar nya dan untuk perwarnaan dasar nya kurang bagus atau tidak cocok,menurut saya itu kekurangan nya dan kelebihan nya enak untuk di pandang selebih nya saya tidak tau,itu menurut saya.tapi saya bangga karya yang saya sudah buat kemarin,walau tidak terlalu bagus.pendapat orang lain mungkin berbeda beda ada yang bilang "bagus" dan ada jg yang bilang "jelek" itu tidak apa apa,anggap lah kritikan itu bisa menjadi acuan kamu untuk menjadi lebih baik bagi okk.

    Begitu menurut saya.

    Fitri amelia zachra X-OTKP 1

    BalasHapus
  50. Sulistia Febrian Wulandari X OTKP 2
    Menurut saya gambar yang saya buat itu berjudul sisi kehidupan,lukisan tersebut memuat objek pohon,rumput,gunung,dan sungai dan saya memilih untuk menggambar keindahan alam karena terlihat indah dan menarik.dan menurut saya gambar yang saya buat itu 'bagus 'tetapi ada juga kekurangannya kurang rapih dan tidak sesuai dengan warnanya .lukisan memang tidak bisa diukur dari objek yang digambarkan semata,namun juga terkandung dari seberapa menarik perspektif dan kemasan itu dibuat,gaya lukisan pembuat juga cukup memegang Peranan dalam membuat karya seni yang baik dan bernilai tinggi.

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Aspek yang saya lihat adalah tebal atau tidaknya warna tersebut. Gagasan dan konsep yang saya buat dikatakan cukup bagus dan kreatif, media yang digunakan pun beragam menjadikan gambar ini terlihat menarik.
    Pada gambar yang saya buat kita bisa mengamati dan merasakan pemandangan tersebut, dengan demikian kita dapat merasakan, menikmati, menghayati, dan menghargai nilai" Keindahan.
    Kemarin gambar yang saya buat memiliki kekurangan dan saya tidak bisa menilai dari hasil karya saya sendiri hanya orang lain yang bisa menilai bagus, tidak bagusnya karya seni saya

    Desi latalia x otkp4

    BalasHapus
  53. Irma Anita Amelia
    X OTKP 2


    Menurut sya seni rupa yg saya gambar kemarin itu ada kekurangannya yaitu dalam segi warna kurang tebal dan dalam segi gampar terlalu polos atau simpel namun menurut saya,dengan saya menggambar gambar tersebut saya merasa puas karna saya bisa menggambar dengan ilusi saya sendiri.
    Terimakasih

    BalasHapus
  54. Menurut penglihatan saya Gambar yang saya buat itu tidak terlalu bagus dan ada kekurangannya dikarenakan dalam pengambilan warnanya menggunakan satu warna dan dalam menggambar tersebut hanya ada sedikit untuk gambar sehingga gambar yang saya buat itu tidak terlihat padat dan begitu juga tidak terlalu bagus akan tetapi lebih bagus lagi kalau di beri warna tambahan
    Nisti Yuningsih X Otkp 9

    BalasHapus
  55. Menurut saya ada kekurangan dalam karya seni yang saya buat yaitu ada beberapa bagian yang belum terwarnai secara merata,serta terlalu simpel dalam gambar itu.

    Dera puspita x otkp 9

    BalasHapus
  56. Menurut saya lukisan yang saya buat bagus tetapi mungkin akan lebih bagus lagi kalau diberikan warna tambahan atau gradasi tambahan.

    Indri Aprillia x otkp9

    BalasHapus
  57. Menurut saya gambar yang saya buat pola dan warna nya kurang rapih dan kurang bagus

    M.Farhan Rizki Umbara X-OTKP-3

    BalasHapus
  58. Apresiasi merupakan kegiatan pernilaian terhadap sebuah karya seni yang diawali dengan cara mengatami, memahami, kemudian menghargai hasilnya. Jika kritik seni merupakan kegiatan menanggapi sebuah karya seni untuk menumbuhkan kelebihan dan kekurangannya. Kemudian jika kritik itu seperti masukan baik atau keras tergantung yang mengkritik

    Menurut saya karya seni rupa yang saya buat kemaren ada kelebihan dan masih banyak kekurangannyakekurangannya,seperti warna yang begitu bagus dan aga tebal dan kekurangannya ada bagian yang tidaj terwarnai, kurang rapih juga mengwarnainya.

    Nama: Muhammad Aditia
    Kelas: X-otkp6

    BalasHapus
  59. Astri yuliani x otkp 3
    Menurut saya gambar saya bagus dan lucu, saya mewarnai nya cukup rapi. suatu kegiatan yang dilakukan untuk menanggapi sebuah karya seni, dengan maksud untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sebuah karya seni.

    BalasHapus
  60. Gambar yang saya lukis tersebut memang menarik, tetapi komposisi yang ditampilkan terasa kurang lengkap. Lukisan itu didominasi unsur tumbuhan (pohon beringin dan rerumputan), tetapi unsur-unsur kehidupan yang lain seperti, binatang tidak ditampilkan. Hal inilah yang menyebabkan gambar ini terkesan “kurang lengkap”.


    Dista risti rahmayanti 10 otkp 4

    BalasHapus
  61. Menurut saya Apresiasi merupakan proses kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni, sedangkan kritik seni adalah cara seseorang dalam menanggapi dan mengevaluasi suatu karya seni tersebut.

    Laiela sari X otkp8

    BalasHapus
  62. Mariska wati X AP 8
    Manurut saya karya seni rupa saya memang tak seindah karya seni rupa orang lain tetapi karya saya memiliki makna yang bertujuan untuk memberikan contoh pelestarian alam

    BalasHapus
  63. Kritik seni adalah kegiatan menanggapi karya seni untuk menunjukkan kelebihan dankekurangan suatu karya seni. Keterangan mengenai kelebihan dan kekurangan ini dipergunakan dalam berbagai aspek, terutama untuk menunjukkan kualitas dari sebuah karya. Kritik karya seni tidak hanya meningkatkan kualitas pemahaman dan apresiasi terhadap sebuah karya seni, tetapi juga dipergunakan sebagai standar untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil berkarya seni. Tanggapan dan penilaian yangdisampaikan oleh seorang kritikus ternama sangat mempengaruhi persepsi penikmat terhadap kualitas sebuah karya seni bahkan dapat mempengaruhi penilaian ekonomis (harga jual).

    Ikke patimah kls X otkp 5

    BalasHapus
  64. Alma adi permana otkp3
    Menurut saya gambar yang saya buat bagus tetapi lebih bagus latarnya pun diwarnai agar tidak terlalu plong

    BalasHapus
  65. Erina X otkp 8
    Menurut saya karya seni rupa yang saya buat memang tidak terlalu bagus banyak kurang nya dari gambar tsb, tetapi gambar Pemandangan alam yg saya buat sangatlah indah kita bisa memandang ciptaa tuhan yang sempurna ini .tetapi pendapat org berbeda beda.

    BalasHapus
  66. Menurut saya gambar yang saya buat ada kekurangan dalam karya seni rupa yang saya buat ada beberapa bagian yang saya belum terwarnai secara merata serta terlalu simple dalam gambar tersebut


    Siti Halimah 10 otkp 4

    BalasHapus
  67. M.Fahri otkp3
    Maap pak di talangin dlu soalnya lupa kata sndi katanya

    BalasHapus
  68. Febrian syahayani xotkp8
    Menurut saya gambaran yg dibuat oleh saya tidak terlalu bagus warnanya terlalu pudar dan karya seni rupa ini bertema tentang pedesaan yg dapat dilihat keindahannya.

    BalasHapus
  69. Nuke Nursanti X otkp 6

    Menurut saya gambar yg saya buat sudah bagus namun saja dlm pewarnaannya yg kurang tebal dan kurang mencolok karena memakai pensil warna yg kurang bagus jdi itu adalah sebagai kekurangannya jika saja di berikan warna yg agak tebal dan warna terang akan lebih bagus lagi

    BalasHapus
  70. Rusilah sasti 10 0tkp 8
    Menurut pendapat saya tentang gambar yang saya buat bertema binatang (animal) sangat kurang dalam kriteria penilaian yang bagus karena ukurannya tidak sesuai gambaran saya hampir mirip kepada poster karikatur tetapi tujuan sebenernya yang saya buat bukanlah karikatur melainnya pemandangan warna sekitarnya cukup baik namun dalam pewarnaan gunung dalam pemandangan tersebut kurang rapih dan kurang nampak.

    BalasHapus
  71. Tessa apriliani x otkp 3
    Menurut saya gambar yang saya buat sangat kurang kriteria nya karena tidak sesuai gambar dan kurang juga dengan pemilihan warna dan sedikit kurang rapih.

    BalasHapus
  72. Anugrah Aldion P Xotkp8

    Dari gambar yang dibuat minggu lalu sya nilai dalam gambar tersebut bagus hanya ada beberapa aspek karya seni yang agak kurang seperti hal kerapihan pada saat garis maupun kerapihan dlm hal mewarnai dimana mungkin apabila penyatuan warna yang menarik bisa membuat gambar itu lebih menarik .sebenarnya gambarnya sudah bagus cuman masalah mewarnai kerapihan serta campuran warnanya saja yang agak kurang
    Itulah kritik karya seni rupa dari saya sekian

    BalasHapus
  73. Menurut saya apa yang saya gambar tidak terlalu bagus karna saya belum terlalu bisa mencampurkan warna yang indah,dalam pembuatan garis dan pola nya pun masih berantakan.tapi saya puas karna hasil saya sendiri.
    Nama : Siti Patimah Az-Zahra
    Kelas : x otkp 9

    BalasHapus
  74. menurut saya, saya menggambar tidak terlalu bagus karna saya tidak terbiasa dan tidak mempunyai bakat menggambar tapi saya bisa menggerjakan sebisa nya dan memang tidak bagus hasil nya, mungkin Bagi seniman-seniman profesional dan orang-orang yang sudah mengenal seni rupa dengan sangat dalam atau menggambar, karya ini memang bisa dibilang tidak ada apa-apanya.

    Lira refani nazmi X otkp 3

    BalasHapus
  75. Fhujangga X Otkp3


    Lukisan ini memiliki gaya lukisan yang benar-benar membuat lukisan ini memiliki jiwa.

    BalasHapus
  76. Di lihat lihat dari gambar yang saya buat mungkin tidak terlalu bagus dan tidak terlalu rapi banyak titik titik putih yang belum terwarnai karna memang saya tidak terbiasa menggambar.
    Kelihatannya gambar yang saya buat terlihat seperti anak kecil namun saya berusaha untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan bagi saya itu adalah suatu pembelajaran untuk kedepan nya agar menjadi lebih baik.
    Neng Resa Ranita Sari xotkp09

    BalasHapus
  77. Menurut saya, gambar yang saya buat memang tidak terlalu bagus terutama dalam segi membuat gambar dan mewarnai.

    BalasHapus
  78. Menurut saya pribadi,karya seni rupa yg sudah saya buat kemarin memiliki bnyk kekurangan untuk kelebihan saya tidak bisa menilai sendiri kelebihan apa yg ada didalam gambar tsb,mungkin cara pandang dari orang lain yg bisa menilai gambar yg saya buat.kekurang dari gmbr bisa terjadi jika yg membuat gambar memang belum mempunyai bakat dalam menggambar.kekurangan yg lain di dlm gambar yg sudah saya buat kemarin adalah dari warna yg kurang tebal dan juga dalam mengkombinasikan warnanya kurang cocok atau kurang pas sehingga gambar tsb terlihat biasa biasa saja.

    BalasHapus
  79. Muhamad fikriansyah x otkp 9

    Menurut saya ada kekurangan dalam karya seni yang saya buat yaitu semua bagian yang belum terwarnai,serta terlalu simpel dalam gambar itu.

    BalasHapus
  80. Risma X otkp8
    Menurut sy gmbar saya bgus cmn kurang rapi krna gmbar yg saya pola gambar yg saya buat terlalu kecil sehingga saya sulit untuk mewarnai nya dan tidak rapi

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Dalam kritik karya seni rupa selain dapat dinikmati keindahannya, juga dapat memberikan tanggapan dan evaluasi berdasarkan aspek-aspek simbol jenis, fungsi dan nilai estetis yang terdapat dalam karya tersebut.
    Dan menurut saya ada beberapa kekurangan dalam seni rupa yang saya buat seperti kekurangan seperti kurang rapi saat mewarnainya.

    Sulis Rahmawati X-Otkp1

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Ramadani XOTKP6


    Aspek yang saya lihat adalah tebal atau tidaknya warna,teknik menggambar itu sendiri dan tentu saja kedapihan dari gambar tersebut

    Saya menyatakan "bagus" pada suatu gambar hanya saat gambar itu memiliki nilai seni yang tinggi,walau begitu saya tidak pernah atau tidak akan mungkin mengatakan suatu gambar itu "jelek" karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda

    BalasHapus
  85. Siti Nurhaliza otkp 2


    Dalam kritik yg saya gambar kurang menarik dan saya bingung untuk membuat gambar iya karna saya tidak bisa megambar jadi saya gambar yg saya bisa ajah

    BalasHapus
  86. Kritik untuk gambar yg saya buat mungkin terlihat natural dan sederhana. Tetapi gambar ini memiliki makna yg sangat berarti, karena akibat virus corona ini seluruh dunia harus melakukan aktivitas didalam rumah, baik kegiatan sekolah, pekerjaan, dan lainnya. Untuk mengingatkan bahwa virus ini tak terlihat namun mematikan dan menular secara cepat. Maka untuk menghindari korban virus corona lebih baik dirumah aja, dan menjaga pola hidup yg baik.

    Siti aminah, X otkp 3.

    BalasHapus
  87. Berdasarkan penilaian yang telah saya analisis dari karya seni rupa yang sudah saya buat,karya tersebut memiliki nilai estetika yang sangat tinggi, kelebihan dari karya ini adalah menggunakan teknik membuat sketsa sehingga memudahkan proses pembuatannya.Namun kekurangan dari gambar tersebut adalah tidak memiliki kelengkapan unsur sehingga terkesan kurang sempurna,Adapun kekurangan lain dari karya tersebut ialah tidak menggunakan warna sehingga tidak terlihat unsur gelap terangnya.


    Muhamad Padli X OTKP 5

    BalasHapus
  88. Kritik untuk gambar yg saya buat mungkin terlihat sederhana tetapi mungkin sangat lah bermakna karena di dalam gambar tersebut saya mengajak penduduk bumi untuk menghentikan penyebaran virus corona yg dapat membahayakan bagi makhluk hidup seperti manusia, tetapi gambar nya kurang lengkap karena tidak ada nya tata cara untuk menghindari virus tersebut.

    Amin maolana X Otkp 3

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kritik dari gambar yang saya buat mungkin terlihat biasa biasa saja karna dalam gambar tersebut banyak kekurangan nya misalkan dalam menggambar nya juga kurang indah dan tidak terlihat terkesan dalam mewarnainya juga kurang terlihat terang apa tidak nya sekian kritik dari saya dan terima kasih

      Kusmiyanti X OTKP 7

      Hapus
  90. Kritik dari gambar yang saya buat mungkin terlihat biasa biasa saja karna dalam gambar tersebut banyak kekurangan nya misalkan dalam menggambar nya juga kurang indah dan terlihat tidak terkesan mewarnainya juga kurang bagus sekian dari kritik dari saya terima kasih

    Kusmiyanti X OTKP 7

    BalasHapus
  91. kritik untuk gambar yang saya buat, saya memberikan warna sedikit kurang rapi. Dan gambar yang saya buat sangat begitu mudah, karna saya tidak bisa menggambar jadi saya menggambar sebisa nya saja.

    Wiwi Nawiyah X Otkp3.

    BalasHapus
  92. Apresiasi senimerupakan salah satu bukti karya yang dilahirkan oleh seorang seniman
    M.fajar x otkp 1

    BalasHapus
  93. Apresiasi senimerupakan salah satu bukti karya yang dilahirkan oleh seorang seniman
    M.fajar x otkp 1

    BalasHapus
  94. Alamsyah silmaulidan x otkp 7

    Aspek yang saya lihat adalah tebal atau tidaknya warna,teknik menggambar itu sendiri dan tentu saja kedapihan dari gambar tersebut

    Saya menyatakan "bagus" pada suatu gambar hanya saat gambar itu memiliki nilai seni yang tinggi,walau begitu saya tidak pernah atau tidak akan mungkin mengatakan suatu gambar itu "jelek" karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda

    BalasHapus
  95. Dengan kata lain apresiasi dan kritik karya senirupa yaitu penilaian atau pendapat kita terhadap sebuah karya senirupa tentang kelebihan dan kekurangan karya seni tersebut.
    Saya menyatakan "bagus" pada suatu gambar hanya saat gambar itu memiliki nilai seni yang tinggi,walau begitu saya tidak pernah atau tidak akan mungkin mengatakan suatu gambar itu "jelek" karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda
    Muhammad Ledar Dewantara X OTKP4

    BalasHapus
  96. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  97. Menurut saya karya seni rupa mempunyai daya tarik berbeda terutama dalam hal warna akan mempengaruhi proses ketertarikan seseorang yang melihat gambar tersebut jika warnanya tidak sesuai dengan keadaan dari gambar tersebut.ketika kita menilai suatu gambar atau lukisan BAGUS / JELEKnya kembali kepada gambar atau lukisan yang kita buat.
    Tiara Juliani X-OTKP-2

    BalasHapus
  98. Aspek yang dilihat adalah kreativitas nya dalam seni rupa karena seni rupa bagus dan juga bnyak yang. Meminatinya sedangkan seni lain tidak terlalu banyak yang meminati nya dan selera orang berbeda beda.orang yang mengatakan karya seni rupa nya tidak bagus atau jelek berarti kepribadian orng trsbt tidak baik karena tidak bisa menghargai karya Orang lain .
    Nisti Yuningsih X Otkp 9

    BalasHapus
  99. Menurut saya,
    Dalam kritik seni rupa selain dapat dinikmati keindahannya juga dapat memotivasi pencipta karya seni tersebut untuk lebih menjadi baik dan mengavaluasi berdasarkan aspek",jenis, fungsi, simbol yang kurang dalam seni rupa tersebut.karena pandangan orang berbeda² dalam menilai atau mengkritik hasil karya seni orng lain dan selain mengkritik kita juga harus mengapreasiasi karya seni tersebut karna membuat karya seni tidak semudah kita berbicara atau menilai kekuranganya

    BalasHapus
  100. Siskya handayani X otkp 6

    Menurut saya,gambar saya tidak terlalu bagus Karna tidak terlalu rapuh&hanya berwarna hitam putih,tapi karya seni memiliki nilai tersendiri terhadap warna,meski warnanya hanya hitam putih

    BalasHapus
  101. Anisa desti alwan x otkp5

    Musik adalah komunikator emosional yang sangat kuat. Contoh dimana musik mempengaruhi emosi kita adalah ketika kita menonton adegan film yang diiringi musik. Bila kemudian kita saksikan adegan yang sama tanpa musik, akan jelas perbedaannya dan akan jelas bagaimana musik mengkomunikasikan perasaan, sama seperti dialog atau setting dari adegan itu.

    Saat kita berbicara, kita berkomunikasi tidak hanya sekadar kata-kata yang kita ucapkan. Makna atau implikasi kata-kata bisa berubah secara drastis tergantung bagaimana kata-kata disampaikan dengan intonasi atau penekanan. Demikian juga dengan saat memainkan musik. Makna atau emosi yang dibawakan musik bisa berubah tergantung bagaimana memainkan not musik. Bisa pula musik menjadi hampir tanpa makna, sepertikita berbicara dengan intonasi datar atau suara robot.

    Sehingga, musik harus menjadi perpanjangan dari musisi, dan harus bisa ada suatu ekspresi perasaan yang ditimbulkan oleh musik.

    Perasaan seperti rasa semangat, sedih atau gembira dapat diekspresikan dengan variasi dan improvisasi pada kecepatan (tempo), nada dan lemah lembutnya suatu musik dimainkan. Misalnya, musik yang digunakan dalam baris berbaris menggunakan nada cepat dan tegas yang mengekspresikan semangat. Sedangkan musik yang mengekspreiskn kesedihan memiliki nada yang mendayu-dayu

    BalasHapus
  102. M Randi Azhar X Otkp 02

    -Kekompakan ( Stage Act Dan Perfonmance)
    -Kreatifitas(Arrangement/Kreasi Kostum)
    -Moralitas (Sopan,Simpatik Dan Menarik Serta Dapat Memberikan Spirit Membangun Citra Indonesia.)

    BalasHapus
  103. M Randi Azhar X Otkp 02

    -Kekompakan ( Stage Act Dan Perfonmance)
    -Kreatifitas(Arrangement/Kreasi Kostum)
    -Moralitas (Sopan,Simpatik Dan Menarik Serta Dapat Memberikan Spirit Membangun Citra Indonesia.)

    BalasHapus
  104. M Randi Azhar X Otkp 02

    -Kekompakan ( Stage Act Dan Perfonmance)
    -Kreatifitas(Arrangement/Kreasi Kostum)
    -Moralitas (Sopan,Simpatik Dan Menarik Serta Dapat Memberikan Spirit Membangun Citra Indonesia.)

    BalasHapus
  105. M Randi Azhar X Otkp 02

    -Kekompakan ( Stage Act Dan Perfonmance)
    -Kreatifitas(Arrangement/Kreasi Kostum)
    -Moralitas (Sopan,Simpatik Dan Menarik Serta Dapat Memberikan Spirit Membangun Citra Indonesia.)

    BalasHapus
  106. Dalam apresiasi dan kritik seni dapat dikatakan bahwa itu merupakan suatu penghayatan suatu seni dan penganalisaan untuk meningkatkan pemahaman tentang karya seni tersebut.
    Semua karya seni itu "BAGUS" karena di setiap karya seni terdapat nilai- nilai estetika yang terkandung didalamnya.

    Aulia x otkp 1

    BalasHapus
  107. Hanna Dwiyansyah X Otkp 3

    Aspek yang saya lihat adalah tebal atau tidaknya warna,teknik menggambar itu sendiri dan tentu saja kedapihan dari gambar tersebut

    Saya menyatakan "bagus" pada suatu gambar hanya saat gambar itu memiliki nilai seni yang tinggi,walau begitu saya tidak pernah atau tidak akan mungkin mengatakan suatu gambar itu "jelek" karena setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda

    BalasHapus
  108. Menurut saya gambar yng saya buat memang tidak terlalu bagus dan masih banyak kekurangannya tapi dengan adanya keinginan dalam diri untuk terus belajar mungkin kedepannya akan lebih bagus dan rapi.
    Lisnawati x otkp 3

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi : pertunjukan musik,16 April 2020

Materi Bab Kritik Musik - Kamis,23 April 2020